Minggu, 07 Maret 2010

Prinsip-prinsip, seni dan etika berkomentar

Kemampuan untuk mengomentari sebuah postingan merupakan satu aspek yang membuat blogging menjadi sangat menarik. Dengan fitur komentar, sebuah blog berubah dari ‘sekedar‘ media publikasi digital menjadi kanal media sosial dua-arah: sebuah mendia conversation. Kemampuan komunikasi dua arah inilah yang membuat blog menjadi lebih atraktif dari sekedar website biasa. Within a great power, comes a great responsibility. Within a great feature, comes a great opportunity. Meskipun tidak ada aturan saklek tentang komentar – mengomentari sebuah blogpost, terdapat beberapa etika dan saran yang akan sangat berguna dalam kegiatan mengomentari sebuah tulisan:

  • Sopan & Santun  Perlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan. Bersikaplah sopan dalam berkomentar.  Bayangkan jika ada seseorang yang mengeluarkan bertindak tidak sopan di rumah anda. Sungguh tidak nyaman kan? Demikian pun dalam berkomentar. Blog adalah wilayah sang pemilik blog. Bersikaplah sopan saat berada di wilayah / ‘rumah’ orang lain. Bahkan jika anda tidak sependapat dengan apa yang ditulis oleh penulis blog, sampaikan lah dengan bahasa yang santun.
  • Berikan value kepada komentar anda Hindari memberikan komentar sekedarnya. contoh: “nice info, gan” atau “yay, pertamax!” titik. Meskipun tidak ada yang melarang anda berkomentar sekedarnya dan komentar seperti itu tetap menghibur penulis bahwa ada yang memperhatikan tulisan mereka, tapi komentar sekedarnya seperti itu kurang memiliki value. Berikan value kepada komentar anda. Contoh: jika anda menyukai tulisan tersebut, sertakan juga pandangan anda mengenai topik yang diangkat dalam post tersebut. Tindakan ini akan membuat komentar anda lebih bermakna dan lebih menarik untuk ditanggapi.
  • Sertakan argumen anda Sebuah tulisan blog seringkali memberikan pandangan personal si penulis, dan kita sering kali berbeda pendapat dengannya. Jika anda hendak menyanggah apa yang penulis blog sampaikan, ingat untuk selalu berikan argumen: sertakan alasan mengapa anda memiliki pendapat yang berbeda. Sebuah komentar yang jelas dan beralasan akan menjadi sebuah komentar lebih menarik untuk ditanggapi.
  • Gunakan gravatar Kebanyakan blog menggunakan gravatar sebagai avatar komentarnya. Gravatar membuat komentar menjadi lebih manusiawi karena menunjukan avatar siapa gerangan di balik pemberi komentar, dan membuat komentar anda lebih menarik untuk ditanggapi. Membuat gravatar mudah dan gratis.
  • Gunakan nama asli atau nickname yang secara konsisten anda gunakan. Tidak ada yang melarang anda untuk anonim dalam berkomentar, tapi mencantumkan nama menunjukkan siapa yang berkomentar dan hal itu sama dengan menunjukkan siapa yang bertanggung jawab atas komentar yang diberikan. Sama seperti poin gravatar diatas, mencantumkan nama asli membuat komentar anda lebih manusiawi. Komentar mengomentari itu seperti berdialog. F1k121?
  • Cantumkan link ke website anda. Umumnya fitur komentar memiliki 4 kolom untuk diisi: kolom nama, alamat email (untuk verifikasi dan memastikan bahwa anda bukan bot spam), alamat website dan konten komentar anda. Umumnya, kolom alamat website tidak wajib untuk diisi, namun akan lebih baik jika anda mengisi kolom ini. Bagaimana jika anda tidak memiliki alamat website / blog? Sertakan saja alamat link menuju akun social media seperti twitter anda. Hal ini memudahkan pemilik blog jika mereka menemukan komentar anda menarik dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai anda.

2 Prinsip komentator:
1.      Prinsip Komentar Mesti Panjang dan Bukan Nyepam (disebut IQ aja biar mudah). Prinsip yang pertama, mungkin adalah blogger dengan prinsip untuk menghargai orang lain, dan mengingingkan adanya pengakuan atas hasil karya yang diciptakannya. Secara psikologis blogger dengan prinsip ini adalah blogger yang menjunjung tinggi kemandirian, membutuhkan pengakuan dan menginginkan saran dan kritik dari para pembaca. (yang ini memiliki IQ yang hebat)
2.      Prinsip Komentar Spam pun OK yang penting saling silaturahmi (disebut EQ aja) Sementara pemegang prinsip yang ke-dua adalah blogger yang bersifat friendly, sosialis, dan lebih menghargai pertemanan. Tidak peduli apakah diberi komentar spam atau bukan, yang jelas ia menghargai setiap komentar silaturahmi. (yang ini punya EQ tinggi).
Buat sahabat blogger yang punya IQ dan EQ tinggi, semoga bisa saling menghargai satu sama lain, dan diskusi hendaklah tidak jadi perdebatan yang berlarut-larut. Seperti kasus pemuda diatas, mungkin ada blogger IQ tinggi yang mengajak untuk meninggalkan komentar non-spam, maka buat blogger yang punya EQ tinggi jangan menilai dengan prinsip silahturahminya. Blogger yang punya IQ tinggi bukan menyalahkan ini dan itu, mengajak boleh tapi jangan menuduh yang nggak-nggak dunk gak baek. Mesti ada bukti dulu, atau Tanya dulu ke yang bersangkutan, biar tidak memecah belah blogger indonesia.

“Ingatlah Blogger itu diakui dan ada hanya jika ada pengakuan dari blogger lainnya” lantas mengapa saling tidak mengakui?

Saya sebisa mungkin akan meninggalkan pesan, komentar, saran dan kritik buat sahabat penulis lainnya dengan non-spam (Anda tidak harus meniru prinsip saya) karena saya :
1.  Ingin mendapatkan setiap bagian ilmu yang dibagikan.oleh blogger
2.  Ingin Belajar dari blogger yang ber IQ tinggi
3.  Ingin Bersilahturahmi dengan Blogger yang Ber EQ tinggi juga

Tips nyepam biar tidak dianggap Spam
·        Jangan commentar berturut-turut di artikel yang sama, kecuali melalui quote (ini nggak tahu bahasa indonesianya apa)
·        jangan gunakan komentar yang sama dalam satu website dalam satu waktu. Misalnya commentar sama di 2 artikel, pada hari dan jam yang selisihnya tidak terlalu lama.
·        Sudah saya kasih Captcha kok, jadi biasanya tidak akan dianggap spam buat yang komentar 1, 2 kata. (ini Captchanya lain dari yang lain lho. . . .)

NB: Yang Penting Jangan Menghapus Jejak yang sudah Susah payah ditinggalkan

Ini dia beberapa Etika dalam berkomentar :
  • Sering Memasukan Link yang berlebihan, memang tidak salah bila kita memasukan link yang menuju langsung ke artikel yang kita tulis akan tetapi bila link yang dimasukan banyak maka akan terasa mengganggu dan juga bila bisa pemilik blognya menganggap itu sebagai SPAM dan yang lebih parah lagi bila link yang dipasang tersebut tidak berkaitan dengan isi Posting.
  • Sering Berkomentar tapi Pelit Kata, Banyak sekali orang yang melakukan blogwalking memberikan komentar yang sedikit sekali kata-katanya sebagai contoh: “artikel yang bagus, salam kenal”, “Thx atas infonya, ditunggu yang lain”. Sebaiknya Anda berkomentar dengan format bercerita dan tidak lepas dari isi artikel.
  • Berkomentar tanpa Membaca Artikel, Berharap agar lebih cepat dalam mencari backlink sering kali orang-orang tidak memperhatikan artikel yang ditulis oleh Webmaster. Hal ini akan memperburuk citra Anda oleh blogger lain.
  • Menggunakan Anonim untuk menjelek-jelekan, Hal ini dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan pengecut karena takut identitasnya diketahui oleh webmaster, sebaiknya bila Anda punya keluhan dengan seseorang berkaitan dengan kegiatan blogging sebaiknya sampaikan secara sopan dan tidak dengan cara negatif seperti ini.
  • Identitas Berdasarkan Keyword, hal ini biasanya dilakukan oleh para peserta Contest SEO sebagai pertimbangan SEO, jadi identitasnya diganti dengan Keyword contest, tidak salah sih dan tidak begitu menggangu dibanding dengan permasalahan yang saya tulis diatas akan tetapi akan lebih nyaman bila Anda menggunakan identitas Anda yang asli bukan dengan Keyword.
Demikianlah Prinsip-prinsip, seni dan etika berkomentar yang saya sari dari Catur Ariadie, dan Mas Liudin

3 Comments:

Tips Online said...

Pertamax ... salam kenal ...mas dafid

Farid Primadi said...

Wah, komentar di atas tidak memiliki prinsip, nilai seni maupun etika. Masa komennya cuma PERTAMAX, salam kenal, dan klik nama saya (temukan kejutan menarik di balik nama saya) :)

Iso Hunter said...

salam kenal mas..
:)


mampir y mas..
http://iso-csohunter.blogspot.com

 

© 2007 BlogWalking: Prinsip-prinsip, seni dan etika berkomentar | Design by Template Unik



---[[ Skip to top ]]---